Jalan Cerita Game Persona 3 (Review Indonesia)

download

Kali ini saya akan membahas cerita game Persona 3. Game Persona 3 terdapat 3 versi berbeda yaitu Persona 3, Persona 3 Portable dan Persona 3 FES. Cerita yang saya bahas disini adalah cerita Persona 3 FES. Karena hanya di Personsa 3 FES yang terdapat cerita kelanjutan Persona 3.

Okee ga usah lama – lama , ini dia ceritanya.

Jalan-Cerita-Game-Persona-3-Review-Indonesia

Cerita dimulai Minato kembali ke kota Tatsumi Port Island setelah kematian orang tuanya karena kecelakaan. Ia datang sebagai murid pindahan SMA Gekkoukan yang tinggal di Asrama Iwatodai. Minato sampai di Port Island telat, karena ada masalah dalam perjalanan di kereta yang ia naiki. Sesampainya di asrama, ia bertemu dengan bocah misterius bernama Pharos dan meminta Minato untuk menandatangani sebuah kontrak. Kemudian bocah tersebut menghilang lalu Yukari dan Misturu datang menyambut Minato.

Minato menanyakan kemana bocah tersebut pergi, tapi Yukari kebingungan siapa yang ia maksud karena tidak ada bocah di asrama tersebut. Keesokan harinya, Minato dan Yukari pergi bersama ke SMA Gekkoukan. Disekolah , Minato berteman dengan Junpei yang merupakan seorang teman Yukari. Saat tepat jam 12 malam, atmosfir di dalam kota semuanya berubah dan muncul peti mati di jalanan. Kejadian tersebut di namakan Dark Hour. Saat Minato tertidur, ia masuk ke dalam Velvet Room dan bertemu dengan Igor dan Elizabeth.

Velvet Room merupakan dunia diantara dunia mimpi dan nyata. Igor menjelaskan hanya orang yang sudah menandatangani kontrak untuk bisa masuk ke Velvet Room. Ia juga sempat menyinggung tentang unique ability yang dimiliki Minato yaitu mempunyai Persona lebih dari satu, ability tersebut dinamakan Wild Card. Kemudian Yukari datang membangunkan Minato untuk membawa Minato pergi, karena Shadow yang kuat menyerang Asrama mereka.

Sesampainya di atas asrama, Shadow tersebut berhasil mengejarnya, lalu Yukari menggunakan Evokernya untuk menggunakan Persona , tapi ia ragu dan Evoker nya jatuh di hadapan Minato. Minato mengambil dan menggunakannya lalu keluarlah Persona nya. Ia berhasil memanggil Persona yang kuat yaitu Thanatos dan membasmi semua Shadow. Tapi akibat itu , Minato tidak sadarkan diri hingga 1 minggu. Kemudian setelah Minato pulih, ia ditawarkan masuk dalam SEES. SEES merupakan kepanjangan dari Special Extracurricular Execution Squad yang bertujuan untuk membasmi Shadow dan menyelidiki tentang Tartarus dan Dark Hour.

Kemudian Junpei juga ikut dalam klub SEES dan pindah ke asrama Iwatodai. Suatu saat, Minato , Junpei, Mitsuru ,Yukari dan Akihiko pergi ke sekolah jam 12 malam. Saat tepat jam 12, Sekolah berubah menjadi sebuah gedung yang sangat tinggi dinamakan Tartarus. Disetiap malam mereka pergi ke Tartarus untuk menyelidiki lebih lanjut. Pada saat bulan purnama , Mitsuru mendeteksi shadow yang kuat, Minato cs segera pergi ke tempat tersebut.

Setelah Minato , Junpei dan Yukari masuk ke kereta, kereta tersebut tiba – tiba tertutup dan terkunci. Setelah menelusuri gerbong kereta, mereka sampai di ujung dan melawan Shadow yang mengontrol kereta tersebut. Minato cs berhasil mengalahkannya dan pulang dengan selamat. Pada setiap malam bulan purnama, Minato cs membasmi berbagai shadow yang kuat muncul di Tartarus ataupun di kota hingga mereka memasukkan Fuuka menjadi pemandu dan pendeteksi musuh untuk Minato cs. Hingga suatu saat, SEES mulai bertemu dengan 3 sosok misterius yang dinamakan Strega beranggotakan Takaya, Jin, dan Chidori.

Strega juga dapat menggunakan persona tapi berbeda dengan SEES, mereka dapat memanggil Persona tanpa Evoker. Lalu akhirnya Mitsuru membongkar rahasia yang selama ini ia simpan yaitu tentang Tartarus dan Dark Hour. Sepuluh tahun lalu , Kirijo Group merupakan research company yang didirikan oleh kakeknya Mitsuru. Mereka mempelajari dan melakukan eksperimen terhadap Shadow di bangunan Sekolah Gekkoukan, bertujuan untuk memanfaatkan kekuatannya. Tetapi, eksperimennya tidak berlangsung sesuai harapan, Shadow berhasil kabur dan Shadow bergabung menjadi 12 Shadow yang kuat.

Masing – masing shadow melambangkan salah satu dari 12 Arcana. Kemudian Ketua dari SEES yaitu Shuji Ikutsuki, menginformasikan Minato cs jika mereka mengalahkan ke- 12 Shadow itu, Tartarus dan Dark Hour akan menghilang. Seiring berjalannya waktu , mereka merekrut beberapa anggota lagi yaitu Ken Amada, Shinjiro Aragaki, dan Aigis.

Pada 4 Oktober saat bulan purnama, Shinjiro bertemu dengan Ken di tempat dimana ibu Ken dibunuh. 2 Tahun sebelumnya , Shinjiro tidak sengaja menyebabkan ibu Ken meninggal ketika Persona nya tidak terkontrol saat menjalani tugas sebagai SEES. Karena ini, Shinjiro menjauhkan dirinya dengan SEES dan perasaan penyesalan ia mulai memakan obat Persona Suppressor. Persona Suppressor adalah obat untuk meredakan Persona yang tidak terkontrol , tapi ada efek samping yang berbahaya yaitu Personanya dapat membunuh pengguna nya.

Ken melihat Shinjiro sebagai pembunuhnya dan ingin membalaskan dendam padanya. Tapi Shinjiro membiarkan dan memperingati jika itu terus berlanjut, kemungkinan Ken berakhir seperti Shinjiro sekarang. Pada 3 November SEES melawan Takaya dan Jin, dan mereka kelihatannya bunuh diri dengan jatuh dari jembatan Moonlight.

Pada 4 November, SEES merayakan kemenangan karena telah membunuh ke-12 Shadow, tapi saat tengah malam Dark Hour masih ada. Minato cs menyadari bahwa mereka telah ditipu Shuji Ikutsuki. Dengan mereka mengalahkan ke-12 Shadow tersebut, disisi lain mereka telah membebaskan bagian dari makhluk yang bernama Nyx. Nyx akan membawa kehancuran dunia jika Nyx berhasil kembali ke dalam bentuknya. Ternyata Kirijo Group juga pernah melakukan yang sama di 10 tahun lalu, tapi Nyx kabur dari lab dan menyebabkan Dark Hour dan Tartarus muncul.

Aigis merupakan robot yang diciptakan untuk melawan Nyx , tapi Aigis tidak dapat benar – benar mengalahkannya, dan menyebabkan Nyx terpecah menjadi 12 bagian yang menjadi 12 Shadow tersebut Ikutsuki memprogram Aigis untuk menangkap Minato cs dan membawanya ke atas tower Tartarus kemudian mereka digantung. Ikutsuki berniat untuk mengorbankan Minato cs menggunakan Aigis dan menembak Takeharu Kirijo yang merupakan ayah dar Mitsuru. Kemudian Aigis diperintahkan untuk membunuh Minato cs tapi karena hubungan yang kuat antara Aigis dan Minato cs, Aigis malah membebaskan mereka.

Pada 9 November, SEES bertemu dengan Ryoji Mochizuki, seorang remaja misterius yang masuk sebagai pelajar di SMA Gekkoukan setelah beberapa hari kematian Shadow ke-12. Aigis bilang harus berhati – Aigis bilang harus berhati – hati dengan Ryoji. Pada 22 November, Fuuka merasakan anggota Strega diluar Tartarus yaitu Chidori. Sepanjang tahun, Junpei dan Chnidori telah melewati hubungan yang romantis. Junpei langsung pergi depan Tartarus dan Minato CS mengikutinya. Chidori berubah menjadi musuh dan menyerang Minato cs. Tak lama kemudian Takaya dan Jin muncul dan mengungkapkan bahwa mereka masih hidup, dan Takaya bilang bahwa Chidori telah “diracuni” oleh mereka. Takaya menembak Junpei dan Chidori menyelamatkan nyawa Junpei menggunakan kekuatan penyembuhan Persona, tapi setelah itu ia pingsan.

Pada 2 Desember, Ryoji dan Aigis bertarung dijembatan Moonlight, disana Aigis terluka parah oleh Ryoji. SEES bertemu Ryoji dan bilang ia jelmaan dari Death Arcana yang lahir dari 12 Shadow yang dikalahkan SEES. Ia juga bilang bahwa dulu ia pernah dikalahkan oleh Aigis di jembatan Moonlight. Pada tanggal 31 Dsember, SEES diberi pilihan untuk membunuh Ryoji atau tidak, pilihan ini akan menentukan Good Ending atau True Ending. Jika kalian memilih untuk membunuh Ryoji, seluruh anggota SEES kehilangan ingatannya selama setahun terakhir, seperti ingatan tentang Dark Hour dan hubungan pertemanan anggota SEES.

Tapi jika dibiarkan hidup, Takaya membuat sebuah pemujaan terhadap Nyx dan menybarkan rumor tentang Nyx bahwa Nyx akan menyelamatkan dunia. Takaya menggunakan Jin untuk menyebarkannya melalui brosur, pamflet, dan internet.

Pada tanggal 31 Januari, SEES naik ke atas Tartarus untuk menghadapi Nyx. Di perjalanan ke atas mereka mengalahkan Jin dan Takaya. Saat mereka sampai di atas, Ryoji sudah berubah ke bentuk aslinya menjadi Nyx. Mereka berhasil mengalahkan Nyx, tapi tiba – tiba bulan terbelah dan mengeluarkan “the Fall”. “the Fall” adalah alat yang akan menghancurkan dunia yang tercipta karena keputusasaan manusia yang berharap mati. Kemudian Minato mengorbankan dirinya dan menyegel Nyx selamanya dengan kekuatan hubungan pertemanan yang telah ia bangun. Dunia berjalan seperti normal, tapi memori anggota SEES tentang kejadian di akhir tahun telah menghilang.

Setelah mereka pulang sekolah, mereka menyadari pernah berjanji untuk berkumpul di atap gedung sekolah. Di atap, mereka menemukan Minato sedang berbaring di pangkuan Aigis Aigis bilang bahwa ia akan selalu ada di sisi Minato untuk menjaga nya, hingga Minato pelan – pelan tertidur selamanya. Selanjutnya cerita The Answer dimulai, SEES kebingungan tentang kematian Minato untuk mengalahkan Nyx. Aigis berhenti pergi ke sekolah dan asrama Iwatodai akan ditutup.

Selama pesta makan malam terakhir, anggota SEES mengetahui mereka terperangkap di asrama, dan tanggal tidak berganti di 31 Maret. Selanjutnya sebuah pintu besar terbuka di asrama, dan SEES di serang oleh Metis, sebuah senjata anti-shadow yang mirip dengan Aigis. Di tengah pertarungan persona Aigis berubah menjadi Orpheus, yang dimana itu merupakan persona Minato. Kemudian Aigis dapat mengalahkan Metis, Metis bilang bahwa ia ingin menghentikan masalah waktu tersebut dan menyelamatkan Aigis. Ternyata pintu tersebut menuju Abyss of Time yang menyebabkan masalah waktu ini. Tempat ini memiliki 7 pintu yang menuju dungeon yang mirip Tartarus. Pada lantai atas setiap dungeon, SEES melihat sebuah kejadian dari masa lalu setiap anggota.

Kejadian – kejadian tersebut adalah menunjukan bagaiman cara setiap anggota SEES dapat memanggil Personanya. Pada pintu ke-7, di lantai atasnya SEES melihat Shadow yang mirip dengan Minato. Setelah mengalahkannya, mereka masing – masing mendapatkan kunci. Dengan menggabungkan kunci tersebut, mereka dapat mengakhiri masalah waktu dan meninggalkan asrama tersebut. Tapi, Metis memberikan pilihan untuk keluar dari sana atau kembali ke masa lalu dimana pertarungan Nyx dan kematian Minato. Yukari lebih memilih untuk kembali ke masa lalu karena ia ingin menyelamatkan Minato. Yang lainnya tidak setuju dengan pendapat Yukari karena dianggap terlalu berbahaya.

Lalu karena mereka tidak dapat menentukan keputusannya, anggota SEES memilih bertarung satu sama yang lainnya untuk menentukan keputusan. Yukari akhirnya meninggalkan keinginannya untuk kembali ke masa lalu. Yukari berjanji untuk merubah dunia menjadi tempat yang damai dan membuat orang berhenti berharap kedatangan “the Fall”. Setelah perdebatan, mereka menemukan sebuah pintu baru di Abyss of Time, dimana SEES kembali pada masa lalu , dimana Minato menyegel Nyx.

Metis menjelaskan tujuan dari segel yang dibuat oleh Minato bukanlah menyegel Nyxnya tapi mencegah keputus asaan manusia dari pemanggilan Nyx dan membuat “the Fall” muncul lagi. Keinginan dibawah sadar manusia untuk putus asa dan berharap mati akan melahirkan kembali monster bernama Erebus yang memanggil Nyx untuk menghancurkan dunia. SEES menyadari bahwa harapan yang dibuat Erebus juga datang dari manusia, sehingga mereka melawannya dan dapat mengalahkannya. Mitsuru menunjukkan bahwa Erebus akan kembali, karena manusia tidak akan pernah berhenti berharap untuk mati.

Setelah kembali dunia nyata dan waktu kembali normal, Metis ,Aigis dan seluruh anggota SEES di panggil ke Velvet Room. Disana mereka mengetahui asal mula Metis, dia adalah jelmaan dari bagian Aigis. Keputusasaan terhadap Minato , membuat Aigis tidak ingin lagi hidup seperti manusia, dan menginginkan dia kembali menjadi robot. Tetapi, setelah terbebas dari Abyss of Time, Aigis berubah pikiran, dan memutuskan untuk kembali ke sekolah dan hidup seperti manusia.

Oke sob jadi itulah cerita Persona 3, kalau ada bagian yang ga ngerti boleh tanya di kolom komentar
dan jangan lupa share ke sosial media kalian jika dirasa artikel ini bermanfaat.

Jangan Lupa Bagikan ke Sosial Media Kamu