5 Penyebab Internet IndiHome Tiba-Tiba Menjadi Lemot

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 16975

Putraadam.co.id –  Jaringan internet memang dipengaruhi oleh berbagai macam hal teknis mulai dari yang dapat kita kontrol hingga tidak. Jika kualitas dari salah satunya menurun, maka akan diikuti oleh perlambatan kecepatan akses yang dapat kita nikmati.

Masalah koneksi internet yang tiba-tiba berubah menjadi lemot memang dapat melanda siapa saja. Kita sebagai pengguna layanan IndiHome pun dapat termasuk di dalamnya.

IndiHome yang menyediakan macam-macam layanan digital mulai dari telepon, internet, hingga televisi interaktif pun juga demikian. Jaringan yang dimilikinya tak luput dari perubahan berbagai macam aspek teknis tersebut.

Ketika kecepatan akses di jaringan IndiHome melambat, kita karenanya dapat mengecek beberapa aspek tersebut terlebih dahulu. Jangan lupa bahwa sebagian di antaranya pun dapat kita kontrol sehingga cukup memungkinkan buat sekaligus mengatasi masalahnya.

5 Penyebab Internet IndiHome Tiba-Tiba Menjadi Lemot

Melebihi Limit FUP 

Sama seperti layanan internet unlimited secara umum, IndiHome pun menawarkan jaringan dengan FUP (Fairly Usage Policy) atau batas pemakaian wajar buat memberikan kenyamanan yang setara bagi seluruh pelanggan.

Dengan adanya batas pemakaian wajar ini, kita tak dapat menggunakan layanan semau kita seperti usul download file berukuran besar terus-menerus melainkan juga perlu memperhatikan kenyamanan pelanggan lain yang sama-sama membutuhkan.

Jika batas pemakaian wajar sudah terpenuhi, kecepatan akses internet bakal disesuaikan menjadi lebih rendah seperti ketentuan yang ada. 

Mengecek residu kuota FUP di layanan IndiHome untungnya mudah. Ditambah lagi, kita pun dapat memanfaatkan berbagai macam paket Speed on Demand yang dapat menambah kecepatan akses internet buat fana waktu.

Router Bermasalah

Kita mungkin sering diminta buat memuat ulang router saat menghubungi pihak IndiHome. Hal itu sebenarnya bukan asal-asalan tetapi buat memastikan bahwa perangkat dalam kondisi prima sehingga bisa menangani kebutuhan pengguna.

Sama seperti handphone atau komputer, router juga melakukan proses komputasi sederhana agar dapat mengelola pemakaian internet dari para pengguna. Perangkat pun dapat menjadi semakin berat seiring berjalannya masa kalau kita jarang menyegarkannya.

Jaringan IndiHome Bisa Tiba-Tiba Lemot

[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Proses menyegarkan router dapat dilakukan dengan langkah memuat ulang perangkat. Kinerjanya nanti akan kembali menjadi lebih ringan sehingga bisa menangani pendistribusian internet secara lebih baik.

Namun perlu diingat bahwa hal ini belum tentu sukses apalagi kalau router rupanya benar-benar sudah mengalami penurunan kinerja akibat unsur usia. Kita ada baiknya melaporkan masalah ke pihak IndiHome buat memastikan sekaligus mendapatkan penggantinya.

Terlalu Banyak Pengguna

Bandwidth termasuk salah satu aspek teknis yang bakal berpengaruh pada kecepatan akses internet. Semakin besar maka semakin sebagian besar pengguna yang dapat menggunakan jaringan secara bersama-sama tanpa mengalami penurunan kualitas.

Hanya saja dengan bertambahnya pengguna, kecepatan internet dapat semakin lambat karena akan menyebabkan arus pertukaran data semakin padat. Belum lagi kalau beberapa di antaranya mengakses berkas berukuran besar seperti streaming atau download.

Pihak IndiHome sebenarnya mempunyai rekomendasi spesifik tentang jumlah perangkat buat setiap bandwidth yang ditawarkan. Jadi cukup wajar internetnya dapat mengalami penurunan kecepatan kalau pemakai melampaui batas.

Posisi Router Kurang Pas

Posisi router  akan sangat berpengaruh Jika diletakkan di dekat benda-benda yang memancarkan gelombang 2,4GHz maka akan mudah terjadi interferensi dan menyebabkan kecepatan menjadi tak stabil.

Sepengetahuan saya, pengaturan jaringan WiFi yang dipakai di layanan IndiHome kebanyakan tetap menggunakan teknologi 2,4GHz yang mana secara teori rawan mendapat gangguan dari perangkat-perangkat sekitar.

Memang Sedang Gangguan 

Yang cukup menjengkelkan ialah ketika masalah IndiHome lemot terjadi karena memang layanan sedang gangguan. Saat hal ini berlangsung, tidak mempunyai pilihan lain dan  hanya dapat menunggu serta mencari koneksi internet alternatif lain.

Untungnya mengetahui IndiHome sedang gangguan atau tidaknya sangat mudah buat dilakukan. Kita dapat bertanya langsung melalui layanan IndiHome Care maupun menyimak kanal warta dari media-media populer.